Kamis, 22 Juli 2010

Game Nusantara Online Masuki Tahap Closed Beta

Jangan ngaku gamer kalau belum coba game Nusantara Online. Game ber-genre MMORPG yang dibuat dengan setting berbagai kerajaan di nusantara ini telah memasuki tahap closed beta. Installer-nya bisa diunduh di situs www.nusol.web.id atau didapatkan dalam bentuk cakram DVD mulai pekan depan.

Versi closed beta ini, menurut Sigit Widodo (Direktur Operasional PT Nusantara Wahana Komunika, publisher) mengusung kualitas grafis dan kinerja yang lebih baik karena beberapa bug di versi alfa sudah diperbaiki. “Bug-bug minor yang masih ada akan diperbaiki dengan patch,” tambah Sigit.

Untuk menjamin ketersediannya ketika dimainkan oleh ribuan pengguna secara bersamaan, Nusantara Online disokong oleh 10 unit server yang di-hosting di dua Internet Service Provider (ISP). Untuk realm Jakarta, server diletakkan di data center milik Telkom, sedangkan untuk realm Bandung, server ditempatkan pada data center Melsa. Nusantara Online juga menjalin kerja sama dengan Seamolec untuk menempatkan server di Jardiknas. Bahkan mulai akhir Mei nanti, game berlatar cerita sejarah Indonesia ini dapat dimainkan oleh para siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Nusantara Online pun menggandeng Asosiasi Warung Internet Indonesia (Awari) untuk mendistribusikan installer game di cakram DVD dan voucher game. Irwin Day (Ketua Umum Awari) sangat gembira bisa ikut membantu menyebarkan Nusantara Online ke warnet-warnet anggotanya. “Awari akan mendukung sepenuhnya konten lokal yang bagus dan mendidik untuk diakses via warnet,” ujar Irwin. Konten lokal yang diusung Nusantara Online, imbuh Irwin, lebih sesuai untuk karakter bangsa Indonesia dan bisa tergerusnya identitas budaya dalam diri generasi muda.

Apa sih uniknya Nusantara Online? Game yang digagas setelah melihat derasnya serbuan konten asing melalui berbagai media ke Indonesia ini seratus persen made in anak bangsa. Engine-nya menggunakan engine asli Indonesia bernama Another Game Engine Library (ANGEL). Pengembangan Angel dilakukan oleh Sangkuriang Studio. Sementara pembuatan karakter dan jalan cerita (gameplay) ditangani oleh Telegraph Studio. Keduanya adalah perusahaan asli Indonesia.

Selain pembuatnya, jalan cerita dalam game inipun asli Indonesia. Alur cerita dalam Nusantara Online mengambil penggalan cerita sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah jaya di Indonesia. Versi satu menghadirkan kisah kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dan Pajajaran. Lalu versi dua yang tengah digarap akan menghadirkan tambahan tiga kerajaan: Samudera Pasai, Gowa, dan Bedahulu. Rencananya, dalam setiap versi baru yang akan diluncurkan tiap tahun akan ada tambahan tiga kerajaan baru hingga setidaknya satu propinsi di Indonesia dapat diwakili oleh satu kerajaan. Nah, tunggu apa lagi? Yuk segera unduh installernya.

(Liana Threestayanti)


SUMBER : http://www.infokomputer.com/reguler/game-nusantara-online-masuki-tahap-closed-beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar